Jumat, 27 April 2012

Kreasi Hijab ala Muslimah

Bismillahirrahmanirrahim

Siang hari pukul 11.30 di ruang kuliah besar 308,  di kampus kita tercinta FKIK diadakan  acara seperti biasa  yaitu  keputrian oleh KOMDA FKIK, acara ini diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan terhadap waktu,  kenapa?  Karena acara ini selalu diselenggarakan setiap hari jumat bertepatan dengan agenda sholat jumat kaum adam.  Ditengah siang bolong seperti ini banyak orang mengagendakan waktunya untuk makan siang dan istrahat,tentu hal itu memang tidak dilarang tetapi alangkah baiknya jikalau waktu senggang kita itu kita manfaatkan untuk mencari ilmu, khususnya ilmu yang bermanfaat bagi ruhiyah kita.. ruhiyah kita kan butuh nutrisi juga iya kan? Nah keputrian inilah salah satu wadah bagi kaum hawa yang ingin mendapatkan ilmu lebih diluar ilmu akademik seperti yang di ajarkan di kuliah. Alhamdulillah acara keputrian yang diselenggarakan tanggal 27 april 2012 ini dihadiri oleh begitu banyak peserta .tak lupa komda juga selalu menghadiri para pemateri yang memang kompeten dalam bidangnya.. nah sobat komda yang cantik jelita, tema kali ini adalah “kreasi jilbab”.. satu tema yang unik memang, mengingat berjilbab itu salah satu kebutuhan wajib sebagai seorang hamba Allah amin. Acara dimulai dengan semangat komda keputrian yang dipimpin oleh moderator komda FKIK “smart, cantik, solehah”.. jargon itu cukup mewakili kalau acara ini memang dikhususkan untuk kaum hawa.

Ditengah modernisasi ini. Alhamdulillah jilbab masih bertahan di indonesia, salah satu negara islam terbesar di dunia, tapi meski begitu kita tak boleh lupa kalau saudara kita di belahan bumi lain hampir dibikin susah untuk berjilbab.. mulai dari undang-undang yang dibuat negara itu sendiri.. tragis memang. Beda dengan indonesia, dimana saja kita masih boleh berjilbab.. tidak ada yang melarang.. tapi eits tunggu dulu, banyak berjilbab bukan berarti negara kita ini sudah rahmatn lil alamin lo.. coba kita telisiki mereka, sekeliling kita, keluarga kita, saudara kita, atau jangan  jauh-jauh deh.. diri kita sendiri.. apakah betul jilbab kita pantas dikatakan jilbab? Apakah betul aurat kita sudat tertutup sempurna? Hemm sepertinya kita harus bersama-sama merenungkan hal ini..

Sebelum jauh ke pembahasan ini, pembicara sebut saja ka kiki mengajak para peserta untuk mengkritisi “mengapa Allah menciptakan kita?” ini memang pertanyaan yang sangat klasik yang hampir selalu jadi bahan diskusi di forum manapun.tapi justru itulah, karena hal ini sangat krusial untuk dibahas, agar bisa diamalkan secara sempurna oleh kita semua.

Ka kiki mengeluarkan sebuah ayat pamungkas untuk menjawab pertanyaan ini: “tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKU” surat Ad-Dzariyat ayat 56.  Ayat tersebut sudah jelas menjwab keragu-raguan kita tapi coba kita perhatikan. Apa yang dimaksud dengan kata “Beribadah”?  beberapa peserta menjawab bahwa beribadah adalah menyembah Allah menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya.. tapi sebenarnya diskusi seperti ini mengenai tujuan mengapa Allah menciptakan kita tidak cukup di tuliskan di dalam forum ini, setidaknya pemateri ingin menggarisbawahi saja poin yang harus kita pahami betul dalam menjalankan kehidupan ini yaitu : beribadah hanya kepada Allah semata. Menurut ka kiki ibadah adalah bentuk terima kasih kita kepada Allah SWT yang telah menciptakan kita, mengurus kita dan memberi kita makan, oksigen.. semunya.. Allah telah meminjamkanNya untuk kita, tapi kata terima kasih ini bukan berarti Allah butuh terima Kasih kita,, tentu kita harus hati-hati dalam menafsirkan kata ini.

Ka kiki terus meneror pertanyaan-pertanyaan kepada para peserta keputrian  yang tampaknya hanyut dalam pembahasn yang disampaikan olehnya. Allah berfirman pada surat At-Tin bahwa manusia diciptakan dalam sebaik-baik bentuk (makhluk sempurna), apakah artinya ini? Sempurna karena manusia memiliki sifat kontradiksi sekaligus! Manusia bisa bersikap jahat, baik, lembut dan kasar, marah dan penyayang. Semunya.. manusia punya kemampuan seperti itu. Dan manusia mempunyai akal, akal itulah yang menuntun kita kemana jalan yang baik dan benar, dan akal itulah yang dijadikan amunisi manusia untuk memakmurkan Bumi (Khalifatul ard), mengapa bukan malaikat yang mengurus bumi? Atau kenapa bukan setan atau jin yang mengurus bumi? Karena mereka semua tidak punya kemampuan untuk mengurus bumi! Jelas bukan jawabannya. Manusia punya kemampuan mencipatakan lumpur dan tanah liat menjadi jalan tol, manusia bisa menciptakan rumah dengan berbagai bahan yang terhampar di muka bumi ini. Itulah manusia, manusia bisa menjadi malaikat dan manusia juga bisa menjadi setan, hanya manusia yang punya kebebasan memilih seperti ini, setan sudah mutlak diciptakan Allah sebagai setan begitupun malaikat.

Kembali ke pembahasan sebelumnya perihal  berjilbab. Berjilbab sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslimah karena sudah jelas terlampir dalam surat An-Nur ayat 31 dan hadist shahih dari Abu daud dan baihaq, secara ringkas ayat tersebut mengandung arti agar kaum hawa menjaga pandangannya, memelihara kemaluannya, dan jangan membuka auratnya, kecuali yang biasa tampak padanya yaitu telapak tangan dan wajah. Semua yang tampak pada wanita adalah aurat, keculai pergelangan tangan dan wajah sedangkan untuk laki-laki mulai dari pusar hingga ke lutut? Loh kenapa berbeda? Ka kiki berpendapat bahwa perbedaan ini didasarkan atas perbedaan  bentuk tubuh  yang berbeda.  Coba bayangkang jika bentuk dan fisiologis anatara laki-laki dan perempuan sama? Tantu pemisahan gander antara laki-laki dan perempuan sudah tidak ada artinya lagi bukan?

Setelah lama ka kiki memberikan materi tentang berjilbab,, suasana pun mulai semakin sejuk dengan keberadaaan pasifik yang ikut memeriahkan acra keputrian kali ini,,dengan suara merdunya mereka berlima bernyanyi  dengan judul Muslimah yang dipopulerkan oleh fitri, peserta begitu menikmati lagu tersebut, liriknya menyentuh dan memiliki makna yang kuat, benar-benar menyentuh para pesrta hingga ada yang sedikit berkaca-kaca menghayatinya.. tapi jangan salah, lagu ini bukan lagu sedih tapi justru lagu tersbut lebih menggambarkan kebahagiaan seoarang perempuan menjadi seorang muslimah yang sempurna menutup auratnya dan beribadah kepada Allah. Ini sedikit lirik yang berhasil penulis tangkap

.. muslimah berbahagialah kita telah dilahirkan
Muslimah aurat engkau lindungi dgn indahnya... by fitri –muslimah

Lagu tersebut ditutup dengan salam. selanjutnya, saat yang sudah dinanti-nanti yaitu demosntrasi kerasi jilbab. Tutor kreasi jilbab kali ini menggunakan kain selendang yang djadikan mahkota bagi para muslimah .. yang sudah barang tentu masih dalam batas-batas yang syar’i yaitu tidak membentuk leher atau tubuh, tidak ketat, tidak transparan serta dapat menutupi dada.. dan kreasi jilbab keputrian ini telah mempersembahakan seni berjilbab yang syar’i dan modern.. J selamat berjilbab ukhtii... karena jilbab adalah berkah

Keep calm and rock the hijab




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Tahu